Mau Pilih Bengkel Honda? Ini Perbedaan Bengkel Resmi dan Umum

Service motor Honda Anda perlu dilakukan secara rutin agar mesinnya tetap terawat. Service secara rutin juga akan membuat Anda terhindar dari berbagai kerusakan saat sedang di dalam perjalanan. Lantas Anda pasti sering merasa galau akan membawanya ke bengkel resmi atau bengkel umum. Berikut perbedaan dari ke dua bengkel.

  • Suku Cadang

Jika Anda sembarangan memilih bengkel maka akan berisiko terhadap kerusakan suku cadang.  Banyak kecurangan yang bisa terjadi di bengkel ketika Anda melakukan service dan melakukan penggantian komponen motor. Anda dapat menghindari hal ini dengan membawa motor ke bengkel resmi Honda dengan alat yang sesuai dan harga yang sesuai dengan pasaran.

  • Teknisi Bengkel

Bengkel umum yang ada tidak memiliki kerja sama dengan distributor dari motor Honda sehingga keahlian teknisi yang digunakan pun tidak dapat terjamin. Biasanya di bengkel umum teknisi hanya pandai secara otodidak tanpa mengikuti pelatihan khusus perihal motor.  Anda sebaiknya melakukan service Honda ke bengkel resmi karena teknisinya jelas terlatih.

Bahkan ada yang  sudah mendapatkan sertifikat keahliannya. Anda dapat mencari informasi bengkel motor Honda terdekat dengan search location di maps atau mencarinya di google.  Anda juga bisa menelepon nomor customer yang ada di buku BPKB atau di buku service untuk menanyakan alamat bengkelnya.

  • Melayani Satu Merek

Bengkel resmi terlihat dari merek motor yang dilayaninya hanya satu merek saja yaitu Honda. Kalau di bengkel umum semua merek motor dilayaninya sehingga perlakukannya ke semua merek adalah sama sehingga tidak berkompeten. Salah satu bengkel resmi yaitu bengkel ahas yang bekerja sama dengan Honda.

Anda dapat mendatangi bengkel Honda terdekat yang resmi dengan melihat adanya tanda lambang dari merek Honda. Anda juga bisa menanyakan langsung agar lebih hati-hati. Biasanya juga ada logo ahass yang sudah pasti bekerja sama dengan Honda.

  • Peralatan yang Digunakan

Perbedaan yang paling menonjol dari bengkel resmi dan bengkel umum adalah dari segi peralatan yang digunakan. Tidak semua bengkel umum memiliki peralatan yang lengkap dan memiliki teknisi yang ahli menggunakannya.

Misalnya saja tersedia hidrolik namun yang digunakan adalah alat dongkrak karena teknisi yang ada tidak ahli. Sedangkan di bengkel resmi peralatan lengkap dan teknisinya pun lengkap. Hidrolik akan digunakan ketika teknisi akan memeriksa kondisi kaki-kaki atau pun pemindai.

  • Harga Service

Harga service yang dilakukan memang akan berbeda tergantung dari barang yang diganti pada motor Anda. Hanya saja untuk biaya service di semua bengkel Honda resmi akan mematok dengan harga yang sama di mana pun Anda melakukan service. Berbeda dengan bengkel umum, di bengkel umum beda orang saja yang mengerjakan bisa terjadi perbedaan harga service.

Ada baiknya bagi Anda yang membeli motor saat melakukan transaksi pembelian langsung menanyakan bengkel resmi untuk melakukan service. Jika Anda masih memiliki jatah untuk service gratis maka lakukan secara rutin sesuai dengan jadwalnya dengan membawa buku service. Perawatan terhadap motor Anda tentu akan membuat nilai pakai motor lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.