Inilah Efek Jahat Polusi Udara Terhadap Kulit Wajah yang Harus Kamu Ketahui

Dampak polusi udara saat ini memang tidak bisa dihindari, kita bisa terpapar masalah polusi udara pada saat kita pulang dan juga pergi bekerja. Dalam perjalanan baik pulang dan berangkat kerja inilah kita langsung terpapar oleh adanya asap knalpot kendaraan, debu dan juga paparan sinar matahari. Tidak bisa dipungkiri, bahwa memang masalah tersebut dapat memberikan dampak buruk kepada kesehatan kita, terutama pada bagian kulit sebagai bagian tubuh yang paling banyak terkena masalah tersebut.

Bus, angkot, motor atau bahkan mobil ini bukan hanya akan membuat sistem paru-paru kita jadi bermasalah dan sesak nafas ketika kita menghirupnya. Namun zat yang ada di dalamnya yakni zat hidrokarbon yang terkandung dalam knalpot kendaran ini dapat memberikan dampak atau masalah kulit. Mulai dari munculnya jerawat hingga berubahnya warna kulit. Selain itu juga ada debu yang apabila terhisap dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pernafasan, juga bisa memberi dampak tidak baik pada kulit.

Polusi udara yang semakin parah juga berperan terhadap rusaknya lapisan ozon. Hal ini berdampak pada berkurangnya perlindungan terhadap sinar ultraviolet yang dapat merusak sel kulit. Selain itu juga ada masalah bertambahnya radikal bebas yang bisa merenggut oksigen dari sel sel kulit. Semakin bertambahnya usia kita, maka pertahanan tubuh kita untuk menghadapi masalah radikal bebas pun akan berkurang.

Gabungan antara radikal bebas dan juga sinar ultraviolet ini dapat berdampak pada produksi kolagen kulit wajah kita menjadi berkurang. Alhasil tingkat elastisitas kulit wajah pun jadi berkurang. Kemudian tekstur dari kulit wajah kita pun akan berubah menjadi lebih kasar, kusam dan akan muncullah kerutan di wajah. Sementara untuk mengatasi akan hal ini tentu saja ada cara yang bisa dikatakan mudah untuk dilakukan.

Jika anda sudah sampai di rumah, pastikan anda membersihkan wajah dan kulit anda secara merata dan menyeluruh. Kemudian gunakan pembersih wajah yang mengandung karbon aktif yang akan mampun mengangkat zat polutan yang mengendap di kulit hingga bagian pori-pori terdalam. Karbon aktif sendiri memang sudah lama dikenal oleh manusia sebagai salah satu zat yang mampu dengan efektif menyerap racun dan zat polutan di kulit manusia.

Selain itu, zat karbon aktif juga berperan mampu mencegah munculnya jerawat di kulit akibat pori-pori kulit yang tersumbat. Dan zat karbon ini sendiri dapat anda temukan dalam pembersih dari Vaseline dan juga seperangkat perawatan kulit dari produk tersebut.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kita mengetahui dampak polusi udara bagi kulit dan sedari itu dapat pula melakukan langkah-langkah efektif untuk mencegah dampak yang lebih parah terjadi di kulit anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.