Mengenali Gejala Tipes dengan Mudah

Mengenali gejala tipes adalah salah satu langkah pengobatan yang paling manjur. Dimana ketika baru gejalanya yang muncul, maka secara otomatis, penyakit tipes yang lebih parah akan dapat dengan mudah diatasi. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu referensi kita untuk segera dan tanggap mengatasi tipes yang merupakan salah satu penyakit berbahaya apabila dibiarkan begitu saja.

Tapi, sebelum kita membahas mengenai apa saja gejala yang muncul akibat penyakit tipes tersebut, maka terlebih dahulu kita mengenal apa itu penyakit tipes. Secara umum, penyakit ini disebabkan oleh masuknya ke dalam usus karena termakan, makanan dan juga minuman yang terlebih dahulu telah terkontaminasi bakteri yang bernama Salmonella Typhi. Jika telah berada di dalam usus, bakteri itu sendiri kemudian berkembang biak dan menyebar di bagian usus dan juga darah manusia itu sendiri.

Tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak pun bisa terserang penyakit tipes ini. Oleh karena itu dalam satu keluarga harus berhati-hati dengan penyakit ini. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan atau rumah anda. Jangan sampai virus Salmonella Typhi berkembang biak di rumah tempat tinggal anda.

Lalu, berikut adalah ciri gejala tipes yang kerap kali muncul ketika seseorang sudah terkena bakteri Salmonella Typhi tersebut:

Gejala tipes ringan umumnya terjadi antara 6 hingga 30 hari. Dalam masa ini, penyakit tipes akan sangat mudah diatasi. Lalu, seperti apakah gejala tipes yang mungkin akan muncul pada penderitanya? Berikut uraiannya :

1. Demam

Dalam gejala tipes yang ringan-ringan saja, maka gejala yang muncul pun bisa jadi hanya demam ringan saja. Demam itu sendiri pun akan semakin parah dan meninggi seiring dengan semakin parahnya penyakit tipes yang anda derita. Pada kondisi malam hari misalnya akan mencapai 39 hingga 40 derajat celcius. Namun demikian, jika menjelang pagi dan siang hari akan menurut demam tersebut, lalu kemudian akan meninggi lagi pada malam hari pada waktu yang bersamaan dengan malam sebelumnya dan demikianlah siklus demam gejala penyakit tipes. Hal ini akan berulang setidaknya hingga 3 minggu pertama seseorang terkena penyakit tipes.

2. Tidak Nafsu Makan

Saat terjangkit masalah penyakit tipes, maka si penderita cenderung akan kehilangan berat badan. Hal ini dikarenakan nafsu makan mereka yang menurun. Alhasil, berat badan mereka pun jadi berkurang dan akan merasa lebih lemas dan seperti tak berdaya.

Dua hal ini merupakan gejala tipes yang umum terjadi dan akan sangat mudah dikenali. Oleh karenanya jika memang hal ini sudah terjadi pada anda, maka saran dari saya adalah segera melakukan pemeriksanaan kepada dokter yang kompeten untuk mengatasi akan hal ini. Selebihnya semoga kita dihindarkan dari masalah penyakit yang lebih parah dan artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *