Inilah Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Harus Ibu Pemula Ketahui

Cara mengetahui perut kembung pada bayi adalah pelajaran yang tentunya harus diketahui oleh para calon ibu. Dimana bayi dengan daya tahan tubuh yang belum stabil bisa jadi akan diserang oleh masalah sakit perut atau perut kembung. Namun, jika ibu belum punya banyak pengalaman, maka bisa jadi hal ini akan membuat ibu panik dan bayi pun akan rewel lebih lama.

Dalam artikel ini pun akan diberikan penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi. Penasaran seperti apa? Berikut adalah langkah-langkah yang harus ibu kerjakan :

1. Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut

Pada usia bayi di bawah 6 bulan, memang ASI adalah makanan utama bayi. Akan hal ini jelaslah bayi sering mengkonsumsi ASI dibandingkan makanan lain yang akan membuat perut bayi lebih sering kembung. Untuk mencegah dan menenangkan bayi dengan masalah perut kembung anda bisa melakukan menepuk-nepuk punggung bayi dengan perlahan sembari anda menggendongnya. Lakukan antara 1 hingga 2 menit sampai bayi bersendawa, karena pada dasarnya ketika bayi mulai bersendawa maka perut kembung pun akan berkurang.

2. Menggosok Perut Bayi

Untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi anda juga bisa menggosok bagian perut bayi dengan lembut. Nah untuk memberikan sensasi hangat pada bayi jangan lupa gunakan pula minyak telon untuk menggosok perut bayi tersebut. Langkah ini juga sangat mujarab untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi.

3. Memberikan Air Hangat

Saat perut bayi kembung anda bisa memberinya minum berupa air hangat. Jika memang waktunya mandi, maka anda bisa memandikan bayi anda dengan menggunakan air hangat pula untuk mandi. Meski sederhana, cara ini sangat efektif untuk memberikan pemulihan kembali perut kembung pada bayi.

4. Waspada Terhadap Susu Formula

Jika anda telah memberikan bayi anda susu formula, maka anda harus waspada terhadap beberapa merk susu formula yang bisa jadi akan membuat perut bayi anda jadi kembung. Selain itu, perhatikan pula batasan expired dari susu formula yang anda pilih tersebut. Jika memang susu formula yang anda berikan dapat membuat perut bayi jadi kembung, maka akan lebih baik jika susu formula tersebut anda hindari.

5. Memberikan Latihan pada Bayi

Latihan pada bayi pada dasarnya juga sangat baik dilakukan karena memang hal ini bisa menghindarkan bayi anda dari masalah perut kembung. Lakukanlah latihan bayi yang dimaksud dengan memegang kaki bayi dan perlahan menggerakkannya. Kegiatan ini bisa membuat usus di perut bayi melakukan pergerakan yang akan memperlancar sistem di dalamnya sehingga perut kembung pun bukan masalah lagi.

Demikian adalah cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tentunya dapat dengan mudah dilakukan para ibu. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *