Gunakan Baby Walker Untuk Bayi? Ketahui Manfaat dan Bahayanya.

Sekarang ini banyak sekali bermunculan alat-alat canggih dalam hal produk bayi. Salah satunya adalah baby walker. Banyak sekali orang tua yang memakaikan baby walker kepada bayi yang bertujuan agar merangsang perkembangan motorik kasar anak agar bayi lebih cepat bisa jalan. Untuk si kecil biasanya bunda gunakan apa? Atau juga gunakan baby walker? Lalu sebenarnya berbahaya ga sih baby walker untuk si kecil? Simak ulasannya berikut ini ya bunda.

Baby walker adalah salah satu peralatan bayi yang memiliki empat roda dan tempat duduk dengan dua lubang untuk kaki. Agar bisa berjalan, tidak sedikit orang tua yang memutuskan untuk memberikannya kepada si kecil. Baby walker dapat dikatakan sebagai alat bantu bayi belajar berjalan. Tetapi selain itu baby walker juga dapat membantu orang tua merawat anak sedang orang tua menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi baby walker bukan alat penjaga bayi ya bunda..

Dari segi manfaat, ada berbagai alasan yang membuat orang tua memakaikan baby walker kepada bayinya. Yang paling utama adalah untuk membantu bayi bergerak dan belajar berjalan namun juga bisa sebagai tempat untuknya bermain karena bisa bergerak kesana-kemari. Lalu apakah betul baby walker memang bisa membantu bayi lebih cepat berjalan ?

Bunda sedang cari baby walker? Mothercare menyediakan baby walker Mothercare yang mungkin bisa menjadi pilihan tepat.

Ada sebagian yang menganggap baby walker ini bisa membantu anak belajar belajar berjalan. Baby walker merupakan alat yang bisa digunakan oleh bayi yang belum bisa berjalan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.Namun juga aada yang beranggapan sebaliknya, bahwa baby walker hanya membuat anak justru lambat berjalan. Baby walker bukan alat bantu bayi belajar berjalan dan tidak membuat bayi lebih cepat berjalan, baby walker hanya mempermudah bayi untuk berjalan dan bergeser kesana kemari. Bahkan, baby walker merupakan salah satu penyebab anak lambat berjalan.

Menggunakan baby walker, kaki bayi biasanya sedikit menggantung dan hanya sedikit menyentuh lantai, bayi tidak perlu menjejakkan kakinya untuk berjalan, cukup dengan mengayun saja dan alatnya akan membantu ia bergerak. Hal tersebut membuat bayi justru jadi malas dan tidak termotivasi belajar berjalan dengan kedua kakinya sendiri karena dengan baby walkernya saja ia sudah bisa bereksplorasi tanpa perlu bersusah payah belajar berjalan dengan kaki.

Lebih lagi, belajar berjalan dengan baby walker hanya akan memperkuat kedua tungkai bawah kaki bayi, sedangkan kekuatan tungkai atas (paha) dan pinggul yang sangat dibutuhkan untuk berjalan malah tidak terlatih. Selain itu, penggunaan baby walker juga membuat bayi tidak bisa melihat kakinya sendiri, tidak bisa belajar cara menyeimbangkan tubuh dan justru berjalan dengan cara yang salah karena berjalan bukan dengan telapak namun ujung jari.

Menggunakan baby walker ini bayi bisa menjadi lebih tinggi dan lebih mudah bergerak. Tetapi, bayi bergerak bukan karena bisa berjalan namun dengan cara mendorong dengan jari kaki sambil bersandar pada keliling baby walker. Jika bayi belum bisa mengontrol gerakan dan kecepatannya akan mudah sekali celaka. Bahaya baby walker lainnya adalah bayi bisa terjungkal jika permukaannya yang tidak rata.

Itulah ulasan tentang manfaat dan bahaya baby walker. Bagaimana bunda? Bunda beranggapan yang mana? Apakah masih gunakan baby walker untuk si kecil atau tidak? Semoga ulasan kali ini bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.