Waktu yang Tepat untuk Memanfaatkan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Cicilan tanpa kartu kredit memang belakangan ini telah menjadi metode pembayaran yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat urban. Tentunya, seiring dengan peralihan gaya berbelanja dari toko konvensional ke toko online.

Hadir dengan inovasi: tanpa kartu kredit, proses serba online, tanpa uang muka, dan tanpa survei, metode ini seperti pain killer bagi masyarakat. Nggak heran, karena mengingat cukup sulitnya untuk mengajukan kartu kredit dan terlalu lama kalau menunggu tabungan penuh untuk beli barang yang harganya mahal secara tunai.

Tapi, seiring dengan kemudahan tersebut, tetap harus ada hal yang dipertimbangkan sebelum mengajukan cicilan. Ingat, bagaimana pun mudahnya, kamu tetap harus membayar angsurannya.

Selain memastikan bawah pengasilan kamu tiap bulannya mencukupi untuk bayar cicilan, cobalah untuk memanfaatkannya dengan bijak, misalnya hanya dalam kondisi-kondisi berikut:

  1. Kebutuhan yang mendesak

Handphone hilang saat perjalanan menuju kantor? Atau AC di kamar yang sudah tua mendadak rusak dan mati total? Untuk dua kasus ini, tentunya bisa jadi sangat merepotkan dan mengganggu produktivitas.

Pekerjaan, jadwal meeting, dan komunikasi dengan rekan kerja tentunya bisa terhambat kalau handphone mendadak hilang. Pun halnya dengan AC yang rusak, kepanasan saat tidur pasti sangat menyebalkan dan bikin jadi nggak fit pagi harinya.

Dengan kondisi seperti ini, urgensi untuk mengganti dua barang tersebut dengan yang baru secepatnya tentu menjadi sangat tinggi.  Ditambah lagi jika kondisi kita belum gajian dan uang di tabungan nggak cukup untuk beli secara tunai. Lengkap, deh!

Di sinilah kamu bisa melirik program cicilan yang tersedia di berbagai merchant online. Cukup akses situs toko onlinenya dan cari barang yang kamu ingin beli.

Eits, karena banyaknya pilihan yang tersedia di toko online, maka kamu wajib untuk tentukan bujet yang sesuai kantongmu sebelum membeli. Pastikan toko online yang kamu pilih memiliki program cicilan tanpa kartu kredit, misalnya dengan Kredivo.

  • Belum punya kartu kredit

Kalau yang satu ini jelas, dong. Nggak punya kartu kredit tapi ingin belanja dengan cara mencicil, metode cicilan yang satu ini bisa menjadi salah satu solusinya. Tapi, pastikan barang yang mau dibeli ini benar-benar dibutuhkan, ya.

Berbagai keuntungan tentunya bisa didapat dengan memiliki kartu kredit. Namun, sebaiknya tunda dulu untuk mengajukan kartu kredit jika kamu belum yakin bisa menggunakannya secara bijak. Selain itu, banyak juga orang yang mengalami penolakan saat mengajukan pembuatan produk perbankan ini..

Sekarang, kartu kredit nggak lagi menjadi hambatan atau satu-satunya syarat untuk berbelanja atau membeli produk yang kita butuhkan. Semua bisa diatasi dengan adanya kredit berbasis online.

  • Uang tunai lebih diprioritaskan untuk hal primer lainnya

Kadang-kadang, uang yang ada di tabungan sebenarnya cukup untuk membeli hp atau laptop baru yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas. Tapi, itu berarti, tabungan akan terkuras habis, dan tidak ada simpanan lagi untuk hal primer lain seperti sakit, biaya sekolah, dan lainnya. Tentunya ini terlalu berisiko.

Kalau kondisi tabungan hanya pas dengan harga barang yang mau dibeli, sebaiknya kamu manfaatkan program kredit online tanpa kartu kredit. Uang yang ada di tabungan bisa disimpan saja untuk kebutuhan lain yang lebih butuh uang tunai.

Hal menguntungkan lain yang bisa didapat adalah nggak adanya DP dan biaya admin. Ini juga bisa kamu pertimbangkan ketika ingin mencicil barang dengan persentase DP yang cukup besar. DP yang besar tentunya akan menguras tabungan juga, maka teliti sebelum mengajukan cicilan, ya.

  • Kondisi keuangan sehat dan rasio utang tidak lebih dari 30%

Salah satu tanda dari kondisi keuangan yang sehat, menurut beberapa pakar, dilihat dari rasio utang yang dimiliki oleh seseorang. Jumlah utang sebaiknya nggak melebihi 30% dari total penghasilan. Kalau penghasilan kamu per bulan Rp 5 juta, maka total utang yang kamu miliki per bulannya nggak boleh lebih dari Rp 1.5 juta. Kalau lebih, nantinya kamu sendiri yang akan kerepotan memenuhi kebutuhan lainnya.

Nah, sebelum ajukan cicilan lain, coba hitung dan cek lagi kondisi keuangan kamu. Kalau rasio utang yang kamu punya sudah 30%, sebaiknya tunda dulu untuk kredit tanpa kartu kredit. Meski prosesnya mudah, ingat, kamu tetap harus bayar cicilannya per bulan. Jangan sampai kebutuhan primer kamu yang lainnya terbengkalai dan penghasilan habis untuk bayar utang.

  • Ada program bunga 0%

Biasanya, program cicilan tanpa dp dan tanpa kartu kredit identik dengan suku bunganya yang sangat tinggi. Adakah yang memberikan bunga rendah atau bahkan 0%? Tentu ada!

Sekarang, bunga atau cicilan 0% nggak cuma dimiliki oleh kartu kredit, lho. Kredit  instan berbasis online tanpa kartu kredit juga punya program bunga 0%!

Dengan opsi “bayar dalam 30 hari” bunga 0%, Kredivo tentunya memudahkan kamu dalam mencicil. Terutama kamu yang nggak betah lama-lama memiliki utang. Beli sekarang, dan bayar saat gajian dengan bunga 0%, tentunya akan menjadi solusi belanja yang menyenangkan saat tanggal tua.

Tapi, kalau nggak sanggup bayar dalam 30 hari, tenang! Kamu tinggal pilih opsi kedua dari Kredivo, yaitu opsi “Cicilan” dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan suku bunga 2,95%. Suku bunga ini tentunya cukup rendah dan mampu bersaing dengan penyedia layanan kredit lainnya. Nggak ada biaya admin, DP, biaya pendaftaran, atau pun biaya tahunan yang dibebankan kepada kamu. Jadi, suku bunga ini masih cukup masuk akal dan rendah untuk program cicilan tenor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *