Mengenal Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan

Tahun pertama kalahiran bayi merupakan tahun yang sangat indah bagi keluarga yang baru saja mendapatkan momongan. Terlebih itu, keluarga yang memang telah lama menantikan kehadiran sang buah hati pastinya akan sangat bahagia dan takjub melihat adanya tumbuh kembang bayi mereka dari hari ke hari.

Perlu anda ketahui bahwa tumbuh kembang bayi itu sendiri akan sangat menakjubkan pada tahun pertama kelahiran mereka. Setidaknya anda jangan sampai kelewatan mengenai berbagai momen penting pertumbuhan bayi anda pada masa 0-12 bulan tersebut. Oleh karenanya, jangan lupa untuk membuat kalender perkembangan bayi anda. Tempat dimana anda bisa mencatat segala perubahan dan juga kelakukan sang bayi yang merupakan pertanda dimana bayi anda sedang tumbuh dan berkembang.

Perlu anda ketahui bahwa setiap bayi memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda. Namun, tak perlu khawatir, pada umumnya bayi itu sendiri memiliki karakter yang menonjol dalam setiap perkembangannya nanti. Berikut adalah perilaku menonjol yang umumnya akan terjadi pada bayi anda yang berhubungan dengan tumbuh kembang bayi 0-12 bulan. Penasaran apa saja? Berikut rinciannya :

Usia 0-3 bulan

Dalam usia 0-3 bulan ini umumnya bayi akan mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam fungsi visualisasinya. Dimana dia akan membalas tatapan mata anda kepada mereka ketika anda memeluk mereka dengan sentuhan kasih sayang khas ibu dan juga ayah.

Usia 3-4 bulan

Masih pada tahap visualisasi, pada usia 3-4 bulan bayi biasanya sudah mampu memandang jauh hingga ke sebelah ruang dengan penglihatan yang bisa dibilang sangat jelas. Pada usia ini, kebanyakan bayi sudah dapat dengan mudah dibuat tenang karena memang banyak benda atau apapun yang ada di sekitar mereka yang mampu membuatnya tertarik.

Usia 4-6 bulan

Dalam usia ini, bayi biasanya sudah mampu untuk mengontrol tubuh mereka sendiri. Setidaknya mereka sudah mampu melakukan gerakan-gerakan kecil pada kaki dan tangan mereka sekedar untuk membuat mereka senang. Biasanya kaki mereka akan mulai menendang-nendang dan tangan mereka sudah cukup aktif menggenggam sesuatu.

Usia 6-9 bulan

Dalam usia ini, bayi umumnya sudah bisa melakukan duduk dan merangkak sendiri. Perlu jadi catatan bahwa sambil merangkak bayi akan aktif dalam mengeksplorasi segala benda yang ada di sekitarnya sambil mencoba meraih dengan tangan halus mereka. Kemudian setelah bosan, mereka pun akan mulai bergerak ke tempat lainnya untuk mencari hal lainnya lagi.

Usia 9-12 bulan

Momen yang akan menjadi tantangan menarik bagi mereka di usia menjelang 1 tahun adalah belajar berdiri dan menggerakkan kaki mereka untuk berjalan. Ia pun sudah mencoba meraih sesuatu dengan enteng dengan jari mereka. Bahkan dalam usia ini, biasanya bayi pun senang menjatuhkan benda mainnya dan kembali meraihnya dengan menggunakan jari jemari tangan mereka.

Demikian adalah tahapan-tahapan yang menjadi pertanda tumbuh kembang bayi 0-12 bulan. Semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *