Japanese Sushi yang Mendunia

Para penggemar masakan Jepang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama japanese sushi. Anda tidak perlu menjadi warga negara Jepang dulu untuk merasakan makanang yang satu. Saat ini sushi telah mendunia. Restoran sushi sekarang dapat ditemukan di seluruh belahan dunia. Sushi sendiri merupakan makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi biasanya berbeda karena memiliki rasa asam yang lembut setelah dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Seiring dengan berkembangnya zaman, sushi sekarang sudah semakin mendunia. Mari simak artikel yang satu ini untuk mengenal sushi lebih dekat.

Sushi 

Sejarah dan Fakta Menarik Sushi

Sampai pada tahun 1970-an, japanese sushi masih masuk sebagai jenis makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus dan terbatas pada sushi pesan-antar. Rumah makan kaitenzushi yang pertama dibuka pada tahun 1958 di Osaka. Tetapi penyebarannya ke daerah-daerah di Jepang memakan waktu lama. Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga terwujud di tahu 1980-an, sejala dengan makin meluasnya kaitenzushi. Di Indonesia sendiri, sushi baru mulai populer di era 2000-an, meskipun sebelum itu sebetulnya sudah ada restoran Jepang yang menyediakan sushi.

Cara memakan sushi pada umumnya, yaitu dengan mencelup sedikit bagian ke dalam kecap asin. Setelah itu dioleskan pada wasabi. Kemudian sushi umumnya dimakan dengan menggunakan tangan, tetapi boleh saja untuk menggunakan sumpit. Sushi juga biasanya dimakan dengan sekali suap saja. Ada satu fakta menarik mengenai sushi. Makanan yang satu ini sangat kaya akan protein dan asam lemak omega 3 yang tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan. Sushi juga cocok untuk diet dan telah terbukti mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, apalagi bila dipadukan dengan makanan berserat. Kemudian, wasabi yang digunakan untuk menyantap sushi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan daya tahan terhadap penyakit. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mencicipi japanese sushi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *