Mengetahui proses Perkembangan anak

Melihat dan bisa merasakan sendiri perkembangan anak adalah sebuah nikmat tak terhingga yang mungkin tidak bisa dirasakan oleh setiap orang, apa lagi di jaman yang serba mdern seperti ini di mana kebanyakan orang tua terlalu disibukkan dengan berbagai aktivitas sehari – harinya. Bermacam – macam fase dalam kehidupan anak akan menjadi begitu indah jika dilaluinya dengan adanya pendampingan dari orang tua, mulai dari lahir sampai dengan remaja sepertinya ini akan menjadi perjalanan panjang yang tak akan bisa terulang kembali. Beberapa fase perkembangan dari anak anak hingga satu tahun yang umumnya dialami adalah sebagai berikut.

Usia kurang dari 3 bulan

Pada masa ini si buah hati masih belum terlalu aktiv, beberapa aktivitasnya antara lain dimulai dengan menggerak – gerakkan dan mengangkat kepala. Pada perkembangannya kemudian penglihata bayi menjadi sedikit lebih jelas misalnya dengan menatap wajah anda, lalu berlanjut pada ocehan – ocehan yang tak jelas namun lucu. Ocehan ini biasanya terjadi sebagai respon atas sesuatu misalnya panggilan atau suara keras lainnya, ini juga menjadi awal dari tawa sang anak. Beberapa indera lainnya juga akan mulai aktiv misalnya seperti mampu mengenali sang bunda dari penciumannya, membedakan suara ayah dan bunda.

Usia 3 sampai 6 bulan

Pada fase perkembangan anak di usia 3 sampai 6 bulan buah hati anda sudah mulai bisa tengkurap dan sedikit mengangkat kepala lebih tinggi, mungkin ada beberapa waktu di mana kepala sang bayi bertahan tetap menengadah selama beberapa detik. Masa ini juga bayi sudah mulai bisa menggenggam sesuatu dengan sangat erat, tangisan pun menjadi lebih kencang seiring dengan pendengaran yang semakin tajam. Kemampuan penglihatannya juga semakin membaik, bayi sudah mulai bisa fokus pada beberapa benda besar di depannya.

Usia 6 sampai 12 bulan

Fase perkembangan anak berikutnya adalah pada usia 6 sampai 12 bulan. Saat ini anak sudah mulai bisa duduk untuk beberapa waktu, beberapa anak kemudian mulai bisa merangkak namun tak sedikit pula yang langsung bisa berdiri. Berbagai benda yang ada di dekatnya biasanya sudah mulai bisa dipegang dan dimainkan, beberapa di antaranya bahkan mulai dimasukkan ke dalam mulutnya. Suara kecil panggilan sayang kepada orang tua juga mungkin sudah mulai terdengar samar – samar, pada masa ini juga si kecil sudah mulai bisa merasakan sedih saat ditinggal orang tua atau takut saat ada orang asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *