Apakah Kebiasaan Menjemur Bayi Baik bagi Kesehatan?

Tumbuh kembang bayi tentunya akan menjadi tugas para orang tua untuk membuatnya semakin maksimal. Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh para orang tua untuk membuat tumbuh kembang bayi mereka jadi maksimal adalah dengan menjemur bayi. Dimana menjemur bayi sendiri sudah menjadi salah satu kebiasaan yang diwariskan secara turun temurun oleh para nenek dan juga buyut masyarakat Indonesia. Biasanya dalam prosesnya, menjemur bayi sendiri hanya dilakukan pada saat pagi hari.

Adapun tujuannya adalah untuk membuat tulang bayi jadi lebih kuat yang kemudian berimplikasi pada tumbuh kembang bayi. Hal ini memang benar adanya, pasalnya sinar matahari pagi akan membantu proses pembentukan vitamin D yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi tulang. Vitamin D dalam tubuh manusia nantinya membantu mereka untuk dapat dengan maksimal menyerap kalsium yang nantinya akan membuat tulang akan jadi lebih padat dan lebih memiliki massa.

Selain berfungsi memperkuat tulang, Vitamin D juga merupakan salah satu vitamin yang memecah bilirubin yang menjadi salah satu penyebab munculnya masalah bayi kuning. Namun perlu diingat, penjemuran bayi yang dimaksud hanya berkisar di antara pukul 06.00-07.30 pagi saja. Dimana kehangatan yang diberikan oleh sinar matahari pagi dapat membuat bayi anda merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Manfaat dari menjemur bayi yang lainnya juga dapat ditemui pada kurangnya atau akan menghilangkan bunyi yang timbul pada saat mereka bernafas. Umumnya bunyi tersebut disebabkan oleh adanya lendir di daerah tenggorokannya yang membuat sistem pernafasan bayi jadi terganggu.

Bagi anda yang ingin mencoba menjemur bayi anda di hangat matahari pagi juga tentunya tidak boleh asal jemur dengan durasi yang lama. Pasalnya waktu yang dibutuhkan untuk menjemur bayi juga tidak boleh terlalu lama. Dimana hanya berkisar 15 menit saja. Akan tetapi, untuk hasil yang maksimal. maka lakukan hal tersebut setidaknya setiap hari bukan dalam durasi yang lama namun hanya dilakukan 1 kali seminggu.

Berjemur di pagi hari ternyata tidak hanya dianjurkan untuk bayi yang baru lahir untuk membuat tumbuh kembang bayi jadi lebih maksimal. Namun berjemur di sinar hangat mentari pagi juga disarankan untuk dilakukan oleh para ibu hamil. Hal ini disarankan bagi para ibu yang ingin atau menginginkan anak yang memiliki tinggi badan yang lebih baik. Dimana para ahli meneliti bahwa banyak ibu yang melahirkan di musim semi dan juga musim panas cenderung memiliki bayi yang lebih tinggi dibandingkan ketika mereka melahirkan di musim matahari jarang terbit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *