Berencana Membeli Rumah di Bandung? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Bandung adalah salah satu kota yang memiliki perkembangan properti yang cukup pesat. Bukan hanya penduduk Bandung, banyak orang dari luar kota juga tertarik untuk membeli properti di kota yang menjadi kiblat wisata banyak orang ini.

Ada banyak rumah dijual di Bandung. Seperti yang marak terjadi, banyak orang Jakarta—atau dari kota lainnya—yang membeli rumah di Bandung sebagai tempat beristirahat pada akhir minggu.

Adanya kota Bandung menjadi semacam oase di tengah-tengah sibuknya tekanan pekerjaan bagi orang-orang di kota besar seperti Jakarta. Namun, kota Bandung memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dari kota-kota besar lainnya. Untuk itu, bagi penduduk asli Bandung maupun pendatang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah di Bandung.

Lokasi

Melakukan survei lokasi sebelum membeli rumah adalah suatu kewajiban. Lokasi rumah dapat menentukan banyak hal dari mulai perkembangan daerah sekitar sampai dengan akses jalan. Hal-hal tersebut tentunya memengaruhi kenyamanan Anda untuk bertempat tinggal di sana.

Selain itu, survei lokasi juga berguna untuk mencocokkan keadaan dari foto yang terpampang pada iklan jual rumah di Bandung dengan keadaan aslinya. Dengan begitu, Anda juga bisa memperkirakan apakah kondisi rumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Jangan lelah untuk menghubungi beberapa penjual rumah dan mendatangi lokasi-lokasi rumah tersebut. Ada baiknya untuk membuat janji terlebih dahulu dengan penjual sebelum Anda datang melihat lokasi rumah.

Akses Jalan

Memang, banyak orang memilih untuk membeli rumah di Bandung dengan alasan keadaan iklim yang masih sejuk. Namun, dikarenakan struktur geografis Bandung yang memiliki pegunungan dan lembah, maka masih ada beberapa area di Bandung yang belum memiliki akses jalan yang baik.

Jika Anda ingin mendapatkan rumah di kaki gunung dengan udara yang sejuk, maka jangan kaget apabila akses jalan menuju lokasi rumah akan banyak menanjak. Sebagian jalan juga belum memiliki lebar jalan yang memadai untuk dilewati lebih dari satu mobil.

Untuk perumahan baru yang belum memiliki akses jalan yang baik, biasanya pengembang menjanjikan perbaikan jalan dalam beberapa tahun ke depan. Semuanya tergantung kepada keputusan Anda. Maka dari itu, survei lokasi sangat dibutuhkan.

Lain halnya jika Anda membeli rumah lama atau bekas. Biasanya perumahan lama sudah memiliki akses jalan yang memadai serta dekat dengan mini market, pasar atau sekolah.

Daerah Wisata Terdekat

Bandung memiliki segudang daerah wisata yang terus bertambah setiap tahunnya. Kota ini menjadi tempat wisata favorit karena banyaknya daerah wisata dan cuaca yang sejuk. Biasanya, Bandung selalu penuh oleh pendatang pada masa liburan. Oleh karena itu, jika calon rumah Anda memiliki lokasi yang dekat dengan tempat wisata, kemungkinan untuk mengalami macet akan lebih tinggi.

Sebaiknya pilih daerah yang tidak terlalu dekat dengan daerah wisata untuk menghindari macet. Tentu, Anda tidak ingin jadi malas keluar rumah karena dihadang oleh macet pada masa liburan, kan?

Pertimbangkan Lokasi Industri

Seperti kota besar lainnya, Bandung juga memiliki pusat-pusat Industri di beberapa titik di pinggiran kota. Jika lokasi rumah Anda terlalu dekat dengan lokasi industri—terutama pabrik, Anda harus pastikan lagi mengenai sumber air yang tersedia. Hindari memilih rumah dengan sumber air yang keruh atau memiliki aliran air yang kecil pada musim kemarau.

Pengembang perumahan, terutama di kawasan dengan sumber air terbatas,  biasanya sudah mengantisipasi masalah air untuk kawasan tersebut. Biasanya, mereka akan menawarkan solusi sumur artesis, yang dikelola secara terpusat oleh pengembang perumahan.

Bandingkan Harga

Sekarang ini, harga perumahan baru di Bandung sudah hampir sama dengan kota Jakarta. Hal ini disebabkan  oleh banyaknya peminat properti di kota ini. Untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan anggaran Anda, ada baiknya Anda membandingkan harga dari beberapa rumah yang memiliki spesifikasi, lokasi dan fasilitas yang serupa.

Anda dapat memanfaatkan situs rumah dijual Bandung yang dapat memberikan Anda gambaran tentang harga pasaran rumah di daerah yang Anda tuju. Setelah cocok dengan lokasi dan harga, barulah Anda dapat melangkah ke proses selanjutnya dalam membeli rumah.

Nah, jika sudah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih rumah di Bandung, Anda dapat mulai mencari spesifikasi rumah yang sesuai dengan kebutuhan serta anggaran Anda.

Jangan lupa untuk melakukan negosiasi harga dengan penjual rumah. Akan lebih baik jika Anda mengecek peraturan mengenai nilai jual objek pajak atau sering disebut dengan NJOP untuk mengetahui patokan harga rumah di daerah tersebut.

Memilih rumah di Bandung tidaklah terlalu sulit jika Anda mengenal daerah-daerah pemukiman di Bandung. Jika Anda bukan berasal dari Bandung, sebaiknya Anda banyak berkonsultasi dengan penduduk asli Bandung atau penduduk setempat mengenai daerah rumah yang Anda pilih.

Semoga beberapa tips di atas bisa menjadi panduan bagi untuk membeli rumah yang nyaman dan aman bagi Anda dan keluarga di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *