Luis Milla, Eks Barcelona & Real Madrid Kandidat Pelatih Timnas Indonesia

Teka-teki siapa yang nantiya mennggantikan Alfred Riedl di tubuh Timnas Indonesia menjadi semakin menarik untuk diperbincangkan. Pihak PSSI telah menentukan bahwa nantinya Timnas Indonesia akan berkiblat ke Spanyol dalam pembinaan sepak bola di Tanah Air. Hal ini kemudian membuat sosok pelatih pun nantinya akan dipilih dari negara tersebut. Setidakya hingga saat ini, dua nama pelatih yang salah satunya akan menjadi pelatih Timnas Indonesia pun berasal dari negeri Matador tersebut. Setelah sebelumnya mencuat nama Luis Fernandez, kini muncul nama baru yakni Luis Milla.

Luis Milla sendiri adalah eks pemain Barcelona dan juga Real Madrid sekaligus di eranya. Dimana dirinya berhasil masuk ke jajaran skuad La Masia pada tahun 1984-1990 dengan mengumpulkan 54 caps bersama Barcelona. Kemudian dirinya hijrah ke Real Madrid dan berhasil bergabung dengan klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut untuk 7 musim dan mengemas 165 pertandingan.

Luis Milla sendiri sebelum memutuskan untuk pensiun sempat membela Valencia CF hingga pada tahun 2011 dan mengemas 79 penampilan bersama tim mapan Spanyol tersebut. Selama kariernya, dirinya memang tidak begitu familiar dengan Timnas Senior Spanyol, pasalnya hanya 3 kali berseragam Timnas.

Namun, sosoknya sebagai pelatih patut untuk diperhitungkan. Pasalnya, dirinya adalah orang yang membawa Timnas U21 Spanyol menjuarai Piala Eropa 2011 U21. Selain itu, pengalaman melatihnya juga pernah di Timnas Spanyol U19, U23, Al Jazira, Lugo, dan yang paling akhir adalah di level klub dengan menukangi Real Zaragoza.

Sementara itu, untuk pelatih yang nantinya akan melatih Timnas U19 dipastikan akan diperebutkan oleh dua nama yakni  Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal. Sementar untuk Timnas U16 ada nama Fachri Husaini dan Rudy Eka Priyambada yang saling berebut.

“Dua masing-masing calon ini masih akan kami pertimbangkan lagi,” ungkap Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dalam Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Hotel Aryaduta, Bandung, sejak Minggu tanggal 8 Januari 2017.

“Jadi, untuk pelatih adalah domain Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Mungkin satu minggu lagi baru ada keputusan,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Demkian ungkap Djoko Dryono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *