Peluang Usaha Ternak Sapi di Indonesia

Sapi merupakan salah satu penghasil komoditas daging yang paling diminati dan memiliki pangsa pasar yang menjanjikan di Indonesia. Betapa tidak, kebutuhan akan daging sapi sendiri dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menariknya, pada beberapa moment tertentu daging sapi sendiri seakan langka di pasaran dan harganya pun akan naik tajam di pasaran.

peluang-usaha-ternak-sapi-dan-analisa-usahanya-tokomesinBagi anda yang memiliki jiwa bisnis yang tinggi tentu saja akan memandang bahwa hal ini merupakan salah satu yang menarik dan peluang usaha peternakan sapi di Indonesia adalah sebuah usaha yang sangat menjanjikan. Daging-daging sapi memang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar warga Indonesia hanya saja hal ini karena memang harganya yang mahal dan stoknya terbatas membuat harganya juga tidak pernah turun. Alhasil hanya kalangan tertentu saja yang menikmati daging sapi di Indonesia, namun demikian stok daging sapi di pasaran juga dapat dibilang selalu habis.

Jika anda berminat untuk mengembangkan usaha ternak sapi tentu salah satu yang harus anda miliki tentu saja adalah kesabaran dan juga ketelatenan. Agar nantinya sapi yang anda ternakkan bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan maksimal sehingga akan berdampak juga pada hasil penjualan yang meningkat.

Anda yang ingin memanfaatkan peluang usaha peternakan sapi di Indonesia, berikut adalah beberapa langkah yang harus anda lakukan :

1. Memilih Sapi

Pertama yang harus anda lakukan tentu saja memilih bibit sapi yang mana yang ingin anda ternakkan. Untuk anda yang ingin menjual daging sapi tentu saja pilihan terbaiknya adalah menternakkan sapi potong atau sapi pedaging. Pilihan terbaik sebut saja adalah sapi limosin, sapi brahman dan atau juga sapi lokal lainnya.

2. Lahan

Lahan juga menjadi salah satu hal yang harus anda persiapkan. Pasalnya sama halnya dengan kambing, sapi juga mengeluarkan kotoran yang baunya tidak disukai banyak orang. Oleh karenanya pilihlah lokasi yang jauh dari keramaian atau perumahan warga.

3. Kandang

Kandang sapi akan lebih baik dibuat beratap namun tetap terbuka seperti kebanyakan kandang sapi pada umumnya. Sementara untuk ruangan kandang sapi per ekornya kira-kira adalah 2x2x2 meter

4. Sanitasi

Saluran pembuangan air sangat dibutuhkan dalam kandang sapi, agar nantinya anda dapat dengan mudah menyalurkan dan membersihkan kandang sapi anda dari kotoran sapi itu sendiri.

Pakan

Pemberian makanan merupakan salah satu yang paling utama dari bisnis peternakan sapi. karena dengan makanlah sapi bisa tumbuh dengan cepat dan besar. Hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *